HomeFilmBagaimana Peran Ibu Pengganti?

Bagaimana Peran Ibu Pengganti?

Bagaimana jadinya ketika kamu adalah seorang perempuan yang memiliki banyak mimpi, ambisi dan cita-cita. Kemudian, memilih mematikan semua mimpinya karena ada anak yang sudah disayangi. Kehidupanmu, mimpimu, semua sudah diberikan kepada sang anak. Betul kiranya ketika ada pepatah yang mengatakan bahwa, jika seorang perempuan sudah menjadi ibu, kehidupannya hanya pada sekitar anak. Begitulah hidup seorang Mimi, perempuan penari yang memiliki ambisi untuk menjadi artis Bollywood dengan segudang kemampuan menari yang luar biasa, serta look-nya yang sangat bagus.

Cerita tersebut, berasal dari sebuah film yang berjudul ”Mimi”. Film tersebut berhasil dirilis pada 2021, lalu. Namun, Mimi menikmati fase tersebut dengan kehidupannya sebagai seorang ibu. Kisahnya bukan tanpa kebetulan ketika ia melahirkan. Sebab dalam proses melahirkan, ia adalah seorang perempuan yang menjadi ibu pengganti. Teknik ini disebut surogasi, yakni metode kehamilan dengan menggunakan ibu pengganti, di mana seorang perempuan membantu pasangan dalam memperoleh keturunan dengan cara meminjamkan rahimnya hingga proses persalinan.

Pilihannya menjadi ibu pengganti bukan semata tanpa sebab. Ia dipertemukan dengan Bhanu, seorang sopir yang turut mencarikan ibu pegganti dari pasangan suami-istri asal Amerika, Jhon dan Summer. Pertemuan pasangan tersebut dengan Bhanu terjadi ketika mereka mendatangi Rajasthan, India untuk mencari seorang ibu pengganti. Berkali-kali mencari perempuan yang cocok, akhirnya pilihan tersebut jatuh kepada Mimi, perempuan penari dengan tubuh yang bagus dan sehat. Pertemuan keduanya berlangsung dalam sebuah pertunjukan tari, yang pada saat itu ia sedang bersama Shama.

Baik Mimi yang dibantu oleh Shama, bersepakat untuk menjadi ibu pengganti dengan imbalan 20 lakh rupee. Jumlah yang sangat besar bagi Mimi, sebab dengan uang itu ia akan mewujudkan keinginannya untuk menjadi artis Bollywood. Selama 9 bulan lamanya, Mimi menjalani kehidupannya dengan bayi dalam kandungan. Kehidupannya diisi dengan berbagai hal sehat, mulai dari konsumsi makanan sehat hingga rajin berolahraga. Dibantu oleh Shama dengan Bhanu, ketiganya menjalani kehidupan itu sangat bahagia.

Hingga pada suatu hari, dokter kandungan memberitahu bahwa bayi dalam kandungan Mimi akan mengidap down syndrome. Kondisi langsung berubah. Jhon dan Summer tidak menginginkan anak itu lahir karena cacat. Impian Mimi berubah, semua keluarga yang pada mulanya tidak mengetahui pilihan tersebut seketika kecewa, marah dan semuanya. Namun, ketika anak itu lahir, justru kondisinya normal dan membawa kebahagiaan bagi semua keluarga, termasuk bagi Bhanu dan istrinya yang sampai saat ini belum pernah memiliki anak.

Raj, nama laki-laki yang berperawakan bule itu hidup bersama Mimi, tinggal dengan keluarga besar, serta memperoleh kasih sayang luar biasa dari banyak pihak. Raj menjalani kehidupan sebagai anak India pada umumnya dan sering sekali mengikuti Mimi menari dari satu tempat ke tempat yang lain. Potret kebersamaan Mimi bersama Raj, ketika menari tersebar di media sosial. Semua khalayak memuji anak tersebut.

Potret kebersamaan itu diketahui oleh Summer dan Jhon, yang seharusnya menjadi orang tua Raj. Pasangan tersebut kemudian mendatangi Mimi untuk meminta Raj ke Amerika Serikat, sesuai dengan kesepakatan yang sudah berlangsung beberapa tahun silam, sebagai ibu pengganti. Kabar ini menjadi malapetaka bagi Mimi, Shama, Bhanu dan seluruh keluarga besar. Anak yang sudah dibesarkan dengan penuh kasih sayang, kini akan diambil oleh orang tuanya.

Momen inilah menjadi sebuah refleksi bagi Mimi untuk melakukan refleksi, merelakan dan berdamai dengan seluruh keadaan dalam hidupnya. Selama bertahun-tahun, ia sudah merasakan bahagia menjadi seorang ibu, memberikan seluruh hidupnya untuk Raj, kemudian dipaksa untuk merelakan anak tersebut kepada orang tua yang jelas-jelas tidak menerimanya di masa silam. Hal yang bisa dipelajari dari Mimi melalui film ini adalah sikap bijak sebagai seorang ibu.

Mimi menyadari bahwa, dirinya adalah ibu pengganti, di mana Jhon dan Summer adalah orang tua yang sudah seharusnya hidup bersama Raj. Menurutnya, ketika Raj tinggal bersama kedua orang tuanya, masa depannya akan terjamin, dan ia akan mendapatkan kasih sayang utuh dari sosok ayah dan ibu. Kerelaan yang ditampilkan oleh Mimi, menjadi sebuah kekayaan amat utama yang dimiliki oleh seorang ibu. Ia adalah perempuan yang berusaha berdamai dengan diri sendiri dan menerima segala keadaan dengan lapang.

Potret itulah yang dilihat oleh Summer dan Jhon dari Mimi. Pasangan tersebut menyadari bahwa, Mimi adalah ibu yang memiliki hati lapang, menyayangi Raj dengan sepenuh hati. Keputusan untuk mengambil Raj dari Mimi dibatalkan dan memilih untuk mengasuh anak yang lain. Film ini tidak hanya mengajarkan tentang cinta dan ketulusan, akan tetapi juga mengajarkan tentang cara merelakan yang lain dan berdamai dengan diri sendiri.

 

 

RELATED ARTICLES
Continue to the category

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments