Tuesday, July 16, 2024
spot_img
HomeFilmBagaimana Potret Rivalitas Sesama Perempuan?

Bagaimana Potret Rivalitas Sesama Perempuan?

Menonton film A Simple Favor, penonton seperti dibuat bingung. Ini adalah sebuah film komedi, serius dan penuh kejutan. Kisah persahabatan sesama perempuan, memang selalu menarik untuk dibahas. Potret persahabatan ini ditampilkan dalam sebuah sosok Stephanie Smothers dan Emily Nelson. Stephanie adalah seorang vlogger yang setiap harinya menampilkan tips dan berbagai kehidupannya di akun youtubenya. Beberapa waktu belakangan ini, ia juga memiliki sahabat perempuan baru, Emily, seorang fearless females yang bekerja di bagian Public Relations, pada sebuah perusahaan fashion.

Pertemuan keduanya terjadi lantaran Nicky, anak Emily bersekolah di tempat yang sama dengan Miles, anak Stephanie dalam jenjang sekolah dasar. Persahabatannya terjalin ketika mereka menjemput anak, kemudian Emily mengajak Stephanie untuk minum coktails bersama dan berbagi rasa satu sama lain. Persahabatan merekapun terjalin dengan begitu hangat. Emily tampil sebagai sosok perempuan yang misterius, di mana tidak ada yang tahu latar belakang kehidupannya, termasuk suaminya sendiri.

Emily dalam posisi tersebut mengalami keterpurukan finansial bersama suaminya, Sean Townsend. Namun, potret tersebut justru sama sekali tidak tercermin dalam kehidupan rumah tangganya. Kisah dimulai dengan pemintaan Emily yang harus pergi ke Miami dalam urusan kerjaan, kemudian menitipkan anaknya kepada Stephanie. Namun, setelah 4 hari berselang, Emily hilang seketika, tanpa kabar. Akhirnya, ia bersama Sean bersepakat mencari Emily.

Pencarian dimulai dengan berbagai upaya. Dibantu juga pengacara dan pihak kepolisian yang membantu dalam proses pencarian. Hingga suatu ketika, Emily ditemukan dalam sebuah danau dalam kondisi tidak bernyawa. Kematian yang misterius, dan menyisakan berbagai spekulasi, membuat Stephanie gencar mencari tahu dan melakukan investigasi terkait kematian sahabatnya.

Di tengah perjalanan pencarian yang dilakukan, Sean ternyata membujuk Stephani untuk hidup bersamanya. Dengan sikap manis dan rayuannya, Stephanie sangat luluh. Disinilah kita melihat bagaimana sebuah hubungan terlarang antara dua sahabat. Istilah pelakor, barangkali menjadi salah satu sebutan yang digaris tebal ketika sebuah hubungan terlarang tercipta antara laki-laki dan perempuan. Artinya, perempuan menjadi aktor yang paling bersalah dalam hubungan terlarang dibandingkan dengan laki-laki. Padahal dalam film ini, Sean adalah laki-laki manipulatif yang mencoba merayu dan membujuk Stephanie untuk hidup bersama selepas kepergian Emily.

Stephanie merasa ada banyak yang tidak beres dan perlu di selesaikan. Hal menarik yang dilakukan oleh Stephanie, membagikan setiap progress investigasi yang dilakukan, sehingga penonton vlognya selalu update kasus yang sedang diselesaikan oleh Stephanie. Satu persatu mulai terbongkar latar belakang kehidupan Emily, termasuk momen ketika Emily marah lantaran Stephanie memotretnya secara diam-diam, mulai terjawab. Emily adalah sosok yang sangat tidak suka dipotret dan meninggalkan jejak apapun.

Stephanie melakukan berbagai cara untuk mendapatkan informasi tentang Emily. Ia mendatangi tempat pelukis yang pernah diceritakan Emily. Ternyata ada banyak jawaban yang tidak sama dengan informasi yang didapat dari Emily. Tidak hanya itu, ia juga turut mengunjungi rumah Emily masa kecil, bertemu kedua orang tuanya yang sudah tua dan mendapatkan informasi berharga terkait Emily.

Ternyata Emily memiliki saudara kembar dan di masa silam, pernah membakar rumah orang tuanya di masa silam. Perempuan kembar tersebut melarikan diri dan tidak tahu bagaimana kabarnya. Mengetahui informasi yang sangat sentral itu, Stephanie merancang sebuah rencana untuk mengetahui kabar Emily dan berpikir bahwa perempuan yang ditemukan di danau tersebut bukanlah Emily, melainkan kembarannya.

Di tempat lain, ternyata Emily menemui Sean secara diam-diam dan memberitahu bahwa rencana busuknya tersebut dilakukan untuk mendapatkan dana asuransi agar bisa membiayai keuangan keluarga. Rencana yang sudah disusun oleh Emily sedemikian rupa, tidak semulus dengan yang dibayangkan. Sebab Stephanie terus melakukan berbagai upaya untuk membongkar perilaku kejahatan yang dilakukan oleh Emily. Membuka tabir ini, Sean adalah orang yang berada di belakang Stephanie untuk membongkar kejahatannya. Namun, Emily tidak tinggal diam. Ia melakukan berbagai upaya untuk tetap mendapatan dana asuransi yang sudah direncanakan secara terukur.

Aksi Emily yang mencoba untuk membunuh Sean dan Stephanie terekam secara langsung melalui vlog Stephanie dan ditonton oleh banyak orang. Mengungkap kejahatan dengan cara yang sempurna dengan berbagai taktik, membuat vlog Stephanie mendapatkan apresiasi dengan banyak pihak. Film ini tidak hanya mengajarkan tentang sebuah aksi pengungkapan tindak kejahatan, akan tetapi juga relasi rivalitas yang terjadi sesama perempuan.

Cerita tentang Stephanie yang hidup sebagai single parent, dan mendapatkan dana asuransi sepeninggal suaminya, membuat Emily tertarik untuk mendapatkan hal yang sama. Emily melakukan berbagai cara yang licik dan sangat tidak manusiawi untuk mendapatkan hal serupa. Cerita serupa seperti Stephanie dan Emily barangkali terjadi di sekitar kita. Persahabatan, pertemanan dan relasi sesama perempuan kerapkali saling membunuh perempuan. Ada rasa tidak suka, tidak senang bahkan merasa gagal ketika teman perempuan kita memperoleh keberhasilan ataukan kenyamanan yang tidak kita punya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments